Awal Mula Sejarah Piala Eropa atau Euro Cup


Friday, April 23rd, 2021   Category: Berita Euro2021

Euro2021 – Sejarah Piala Eropa atau European Nations Cup atau  UEFA European Championship dan sekarang yang dikenal dengan Euro Cup pertama kali diselenggarakan pada tahun 1960. Penggagas turnamen yang khusus diikuti oleh negara – negara di eropa ini adalah seorang pria Prancis yang bernama Henri Delaunay. Henry juga menjabat sebagai sekretaris di Asosiasi sepakbola tertinggi Eropa yaitu UEFA.

Pada tahun 1927, Henry dengan mengajak beberapa temannya yang juga merupakan pejabat besar Austria salah satu nya adalah Hugo Meisl. Mereka mengajukan sebuah proposal yang ditujukan kepada induk organisasi sepakbola yaitu FIFA untuk mengadakan sebuah turnamen seperti piala dunia, akan tetapi peserta didalam nya berasal dari negara- negara eropa atau Euro Cup.

Sejarah Piala Eropa

Akan tetapi, usulan Henry tersebut baru diterima pada tahun pada tahun 1954. Diterima setelah dia mengusulkan kembali pada saat pembentukan perdana UEFA di Basel dan menjelaskan bahawa turnamen tersebut menggunakan sistem kompetisi kualifikasi setiap dua tahun seperti Piala Dunia. Namun para petinggi FIFA saat itu khawait jika nanti nya turnamen ini akan menyaingi Piala Dunia atau World Cup. Henry meyakinkan para petinggi FIFA bahwa Euro tidak akan menyaingi atau bahkan mengancam Piala Dunia. Tunamen ini juga bukan kompetisi reguler dengan sistem pertandingan secara terus-menerus dan bertanding dengan tim yang sama dalam beberapa pertandingan.

Nasib kurang baik dialami Henry  Delaunay, ia meninggal dunia pada tahun 1955 sebelum dapat menyaksikan Turnamen Piala Euro yang di gagasnya tersebut. Kemudian sang putra yang bernama Pierra Delaunay ditunjuk Sekretaris UEFA untuk menggantikan ayahnya sekaligus melanjutkan untuk mewujudkan mimpi ayahnya tersebut. Sang putra pun berhasil mewujudkan mimpi ayahnya tersebut dengan menyelenggarakan Euro untuk kali pertama pada tahun 1960. Turnamen tersebut awalnya diberi nama European Nations Cup, namun pada 1968 kemudian diganti menjadi UEFA European Championship, atau sekarang yang biasa dikenal dengan Euro.

Untuk mengenang jasa Henry Delaunay , piala pada saat itu pun diberinama Trofi Henri Delaunay. Dibuat agar dapat dikenang bahwa ia berjasa menjadi penggagas sebuah turnamen besar di Eropa sekelas Europa Cup. Pertandingan kualifikasi pertama pun dimulai pada 28 September 1958 di Stadion Central Moscow yang mempertemukan Uni Soviet dengan Hungaria.

Hingga saat ini, turnamen ini sendiri menjadi salah satu turnamen besar yang sangat dinantikan bukan hanya di Eropa bahkan di Dunia.  Turnamen ini dalam penyelenggaraan nya juga mengikuti format Piala dunia yang digelar 4 tahun sekali. Hanya saja pada Piala Euro diikuti oleh 24 tim nasional, berbeda dengan Piala Dunia yang diikuti oleh 32 negara.

Tags : , , , , , , , , , ,