Mengenang Timnas Denmark Pada Piala Euro1992 Yang Meledak Bagai Dinamit


Friday, April 30th, 2021   Category: Berita Bola, Berita Euro2021

Seputareuro2021 – Ada cerita menarik pada piala eropa tahun 1992 dari Timnas Denmark. Denmak yang saat itu diprediksi hanya menjadi tim hiburan, justru meledak pada Piala Eropa 1992. Datang sebagai tim hiburan, mereka justru mampu menunjukkan performa luar biasa dengan keluar sebagai runner-up di ajang tahun 1992 tersebut. Denmark sebenarnya tidak lolos ke putaran final karena hanya berstatus sebagai runner-up pada babak kualifikasi. Namun, Denmark mendapatkan kesempatan tampil di Swedia karena Yugoslavia saat itu didiskualifikasi setelah terkena sanksi PBB terkait perang Yugoslavia yang berlangsung sejak 1991. Peter Schmeichel dan kawan-kawan kemudian menempati Grup I bersama tuan rumah Swedia, Prancis, dan juga Inggris. Pada putaran grup tersebut, Denmark menjadi tim dengan performa luar biasa dan mengamankan tiket ke babak empat besar setelah menjadi runner-up, sementara status juara grup diraih Swedia.

MELEDAKNYA TIMNAS DENMARK DI PIALA EROPA 1992

Setelah babak penyisihan, belanda dan jerman keluar sebagai juara dan runner up di Grup II. Belanda menghadapi Denmark pada saat itu dan diprediksi bakal menang mudah. Belanda yang saat itu di huni oleh nama seperti van Basten, Rijkaard, Gullit, memang diprediksi menang mudah. Apalagi belanda memiliki skuad yang mumpuni saat itu. Namun ternyata, semua prediksi itu salah. Bahkan saat laga baru berjalan lima menit, Denmark mampu menjebloskan bola terlebih dahulu dari belanda lewat gol dari Henrik Larsen. Setelah itu skor di samakan oleh dennis bergkamp pada menit ke 23. Sepuluh menit berselang, Larsen kembali membuat pendukung belanda terdiam setelah mencetak gol keduanya. Setelah itu rijkaard membobol gawan schmeichel dan membuat kedudukan menjadi 2-2. Skor itu bertahan sampai babak adu pinalti dan di babak ini, Denmark sukses membungkan belanda lewat adu pinalti dengan skor 5-4.

Sampai lah akhirnya pada laga final, Denmark menantang salah satu juara bertahan dan juga timnas besar di ajang euro yaitu Jerman. Denmark menantang jerman dengan mengandalkan kembali permainannya. Semua sudah berfikir bahwa, sang dinamit akan kalah dan tim panzer di prediksi akan menang dengan mudah. Tetapi semua prediksi itu kembali salah dengan Denmark yang bermain dengan pertahanan kuat serta permainan counter attack nya. Jerman yang notabene adalah timnas besar, dikalahkan dengan skor telak 2-0 tanpa balas. Dengan hasil ini, pelatih Richard Moller-Nielsen menjadi orang pertama yang sukses membawa Denmark menjuarai ajang terbesar di eropa tersebut. Kesuksesan ini lah yang akhirnya menjadi awal orang orang menyebut Denmark sebagai “The Dynamite” lantaran mereka mampu menjuarai ajang ini untuk pertama kalinya dan mengalahkan semua tim tim raksasa eropa yang ikut berpartisipasi. Hadir sebagai tim pengganti timnas Yugoslavia, Denmark berhasil mengukir catatan sejarah yang manis di ajang piala eropa 1992.

Tags : , , , , , , , , , , , , , , , , , ,