Raheem Sterling Diving, Penalti Inggris Harusnya Tidak Sah


Thursday, July 8th, 2021   Category: Berita Euro2021

Seputareuro2021 – Inggris mengalahkan Denmark pada babak semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Inggris menang dengan skor 2-1 atas Tim Dinamit di babak extra time. Gol penentu kemenangan Inggris bermula dari penalti yang didapatkan oleh Raheem Sterling. Pada duel yang digelar di Wembley, Inggris lebih dulu tertinggal pada menit ke-30. Mikkel Damsgaard mencetak gol ke gawang Jordan Pickford lewat tendangan freekick yang cantik. Ini adalah gol pertama yang bersarang di gawang Inggris sepanjang Euro 2020. Inggris menyamakan kedudukan pada menit ke-39 dari gol bunuh diri Simon Kjaer. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga laga usai. Inggris sendiri mencetak gol kemenangan pada menit ke-104. Harry Kane menyambar bola muntah tendangan penalti yang dia lakukan sendiri.

RAHEEM STERLING DIVING, PINALTI TINGGRIS TIDAK SAH?

Penalti yang didapat Inggris ini memicu perdebatan yang sengit di kalangan pandit sepakbola. Beberapa pandit menilai Sterling melakukan diving dan wasit harusnya tidak memberi penalti pada pertandingan tersebut. Salah satu pendapat yang menilai Sterling diving dilontarkan oleh Dietmar Hamann. Eks pemain Liverpool itu merasa wasit telah membuat kesalahan besar karena tidak melihat VAR. “Itu adalah keputusan memalukan. VAR ada untuk menghindari momen seperti ini,” ucap Hamann pada SportsJoe. “Tidak ada kontak apa pun. Begitu Sterling membawa bola melewati lawan, dia terjatuh begitu saja. Saya pikir keadilan harus ditegakkan pada pertandingan ini. Inggris selalu menyebut mereka fair play, tidak pernah diving, tapi nyatanya? Ini hal yang memalukan.” tegasnya.

2 BOLA DILAPANGAN DAN LASER KE WAJAH KASPER SCHMEICHEL

Selain perdebatan mengenai divingnya sterling, ada perdebatan lain yaitu 2 bola di lapangan sebelum pinalti sterling. Saat laga berjalan, ada 2 bola di atas lapangan. Satu bola berada di sudut kiri area pertahanan denmark. Tidak diketahui bagaimana bola bisa masuk lapangan. Namun, seharusnya jika itu terjadi, wasit harus menghentikan laga. Tetapi laga tidak dihentikan dan terus berlanjut. “Ada dua bola di lapangan saat penalti diberikan?” tanya jurnalis italia, tancredi palmeri. Selain 2 bola di atas lapangan, ada lagi momen yang seharusnya tidak terjadi, yaitu laser ke wajah kasper schmeichel. Saat harry kane ingin menendang penalti, ada lases yang diarahkan ke wajah kiper denmark, kasper schmeichel. Namun nyatanya momen ini juga luput dari pengawasan wasit. Banyak yang menyalahkan wasit karena tidak tegas mengambil tindakan pada pertandingan kali ini dan ketidakbergunaan var pada pertandingan kali ini.

Tags : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,